Special Show KBR - Senin 27 Juni 2016

Special Show KBR - Kemenhub Hasil Ramcek Angkutan Lebaran

Special Show pagi ini hadirkan Kemenhub membahas Ramcek Angkutan Lebaran, Bp Dahlan dan Muh Alwi menyampaikan kesiapan moda kendaraan laut, 52 titik pemberangkatan di Laut s/d 24 Juli dari pulau pulau .

Jumlah kapal yg sedang disiapkan siap seluruhnya 988 kapal. Saat ini yang sudah siap operasi 1016. Ramcek menghasilkan data kapal dlm perbaikan 10, proses sertifikasi 11 kalap. Pengecekan terhadap alat keselamatan, kosntruksi dan permesinan. Pelampung skoci , plat kapal termasuk alat pemadam kebakaran dsb.Kemudian pengawakan menjadi perhatian pula, Nakhoda kapal ditentukan sesuai dengan ANT nya.

Sesuai dengan laporan didaerah telah terjadi peningkatan penumpang sebanyak 30 % . Monitoring angkutan lebaran terpadu, mengantisipasi lonjakan penumpang lebaran. Bagaimana dengan harga tiket yang melonjak mendekati puncak hari raya ? Bagaimana dengan mudik gratis ? Bersama Angkutan Laut dan perusahaan pelayaran mengantisipasi penumpukan penumpang. Kesiapan keamanan terus ditingkatan.

Untuk angkutan udara, Ramcek dilakukan di 26 Bandara di Indonesia. Pilot harus prima, Pesawat pun demikian, karena tak ada pesawat yang dapat parkir diudara. Pemeriksaan pesawat bisa saja berulang demi keamanan, biasanya setelah diperiksa pesawat diberi stiker, yang mencantumkan tanggal dan tempat diperiksa.

Ada 568 yang diperiksa bulan Mei Juni lalu, sementara targetnya hanya 520, jadi telah melebihi kebutuhan. Ramcek melakukan yang diperlukan demi keamanan perjalanan, terkait pengecekan Cabin, adakah kursi yang bermasalah ? lampu yang tak menyala bila dihidupkan? Atau awak cabin tak ramah? Pesawat yang terciprat batu/semen pun harus terdeteksi,

Dalam perjalanan laut, jumlah penumpang dan life guard harus sesuai bahkan pelampung harus lebih 25% dari penumpang. Jika penumpang sangat membludak akan ditambah jumlah penerbangan, dengan tiket dapat dibeli on line. Sementara tiket kendaraan laut dapat dibeli dilokasi keberangkatan.

Kita dukung sepenuhnya perjalanan lebaran ini zero accident.