Special Show Weker Wimar - Rabu 22 Juni 2016

Selamat Pagi Jakarta ! Selamat Ulang tahun, semoga semakin kreatif dan berbudaya ! Wimar kembali menemani kita dengan bahasan Culture Shock.

Dunia dengan beragam isinya, beragam negara dengan budayanya bisa sangat mengejutkan orang yang datang dari satu negara kenegara lain. Meski lama kelamaan terjadi pembiasaan, namun penyesuaian selalu memerlukan waktu, sampai akhirnya seseorang mersa betah ditempat lain yang menurutnya lebih asyik dibanding ditempat asalnya. Orang Amerika senang tinggal di Indonesia, salah satunya adalah karena di malam hari, mereka mendengar bunyi bunyian unik, yaitu seruan pedagang Sate. Te sateee, atau penjual roti, Roti Rotiiii.... sambil diselingi bunyi terompet khasnya.

Gegar budaya atau geger budaya ya? soalnya perbedaan budaya ini sampai dibuat kelas untuk memahaminya, karena perubahan budaya perlu penyesuaian. Orang yang pergi belajar ke luar negeri, pada umumnya di minggu pertama senang,karena melihat hal hal baru, Minggu ke dua mulai bingung mencari nasi, mana ada nasi di Amerika ? Bila kita sudah mampu memahami budaya mereka sekaligus tanpa menghilangkan budaya kita sendiri, hidup akan sangat mudah dimanapun kaki berpijak

Ada cerita 11 mahasiswa dikirim ke AS untuk belajar Budaya dan Politik,  Minggu pertama ada yang homesick, rindu rumah, Minggu ke dua mulai asyik menyaksikan hal baru dinegeri orang, namun tidak semua mahasiswa tersebut menikmati, satu diantaranya menghilang di minggu ke IV, ternyata dia mencari tiket pulang, karena ia tak tahan dengan perbedaan budaya yang ada. Dia memilih pulang !

Penyesuaian budaya itu pilihan, tapi dengan tetap patriotik dan cinta Negeri Indonesia, itu baru keren !!