Special Show KBR Kemenhub - Jumat 17 Juni 2016

Kementrian Perhubungan RI memiliki program Zero Accident yang akan mendukung sepenuhnya keselamatan dan keamanan berkendara selama mudik lebaran. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi 08001403131

Persiapan musim mudik dibahas oleh  Bp Firdaus Ditjen Hubdar Kemenhub RI. Program utama pemerintah kali ini adalah zero accident. Pengamanan angkutan lebaran ditingkatkan diseluruh Indonesia, moda kendaraan darat laut dan udara. Bis yang tersedia sebanyak 34 ribu armada AKAP. Angkutanini dijalankan dengan kelengkapan surat dan kelengkapan peralatan, ban, kaca, lampu, supir dll.

Kelayakan angkutan ini menggunakan strategi bersama instansi terkait, polisi operator dll yang akan dapat mewujudkan program zero accident. Bis yang layak beroperasi diberi tanda stiker, baik AKAP dan AKBP. Pengecekan ini dilakukan dengan turun menjemput bola, bukan hanya di terminal melainkan juga di Pool.

Pelanggaran yang banyak dilakukan di musim mudik ini adalah pelanggaran tariff. Kebijakan tariff ada batas atas dan batas bawah. Masyarakat perlu tahu bahwa ada tariff atas dan tariff bawah bila kendaraan tersebut bukan berlabel ekonomi.

Mudik gratis bagi pengendara sepeda motor periode I ditutup tanggal 12 Juni, diperpanjang sampai 21 Juni. Persyaratannya adalah memiliki speda motor bersurat-2 mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran, menyertakan Kartu Keluarga. Speda motor diberangkatkan tgl 31 Juni dari Pulo Gadung, orangnya tanggal 2 Juli berangkat dari Taman Mini.

Bagaimana dengan angkutan udara? Ada batas atas tiket pesawat bila peminat tinggi,dan batas bawah bila peminat rendah.

Program Mudik Gratis , dilengkapi dengan Posko Terpadu yang dibuat didaerah. Tgl 24 Juni Posko didaerah ini dimulai serentak. Berlangsung sampai H+12 setelah hari raya.