Special Show KBR Kemenkumham - Indonesia termasuk 5 besar Negara dalam jumlah penduduk Lansianya. Dengan Lansia 18,1 Juta jiwa berarti sekitar 9,6 % dari jumlah penduduk.

Special Show KBR - Kemenkumham RI 

Peringatan Hari Lanjut Usia 2016 Indonesia termasuk 5 besar Negara dalam jumlah penduduk Lansianya. Dengan Lansia 18,1 Juta jiwa berqarti sekitar 9,6 % dari jumlah penduduk.

Masalahnya adalah kurangnya kesempatan untuk memberdayakan dirinya, bagi yang masih potensial dan produktif dengan adanya ketersediaan lapangan pekerja. Dr Mualimin Abdi dan Dr Ir Adi santika MM SH Ketua Yayasan Swastivarna hadir berbagi berita terkait peringatan hari Lansia HALUN 29 Mei lalu.

Tingkat harapan hidup Lansia adalah 72 tahun, Yayasan Swastivarna memiliki 3 program , diantaranya Pendidikan Lansia dan pra Lansia . menjadi lansia harus mempersiapkan kesiapan fisik, kesehatan, dan ekonomi. Lansia adalah orang berusia 60 tahun keatas. Namun Lansia produktif masih aktif sampai usia 70 tahun. Meski banyak Lansia yang sengaja menikmati masa senjanya

Setiap orang berhak hidup dan mempertahankan kehidupannya. Keberadaan Lansia harus didukung sepenuhnya oleh beragam pihak, Lansia memilii potensi untuk berpartisipasi. 85 % dari 25 Juta masih memiliki potensi, dengan regulasi yang tepat berpihak pada Lansia,maka Lansia produktif ini masih sangat diperlukan.

Bila terdata lansia dengan keahlian atau kemampuan yang dimiliki , maka akan dapat disalurkan untuk tetap produktif. Pensiunan yang memiliki keahlian berkumpul bersama membahas apa yang dimiliki Lansia, berkumpul dalam Silver College.

Kota ramah Lansia juga perlu disosialisasikan sehingga semua kota bisa ramah Lansia. Regulasi yang implementatif akan menjadikan lansia produktif. Pemda dengan kegiatan positif bagi lansia,akan membantu Lansia untuk tidak merasa merana.Penghormatan dan pemenuhan hak Lansia semogalah semakin optimal.

Bila lansia di Panti sosial atau Panti Jompo, aktifitas lansia sebenarnya dapat lebih terarah. Untuk memperbaiki kondisi saat ini maka Kemenkumham akan terus mengamanatkan bahwa Lansia adalah tanggung jawab negara, dengan menyiapkan program yg lebih intensif untuk kesejahteraannya. Dengan aktifitas di kanwil bekerja sama dengan Kemensos agar perhatian terhadap kaum lansia semakin baik. Sementara diharapkan Pemda membuat Regulasi Perda yang berbasis Lansia.

Ingin bertanya sesuatu, silahkan WA atau SMS di 08121188181