Special Show KBR Kemensos - Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional HALUN , ibu Clara dan ibu Latifah Nasri Ketua HALUN hadir berbagi banyak informasi sehingga semua menjadi ramah lansia.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional HALUN ibu Clara dan ibu Latifah Nasri Ketua HALUN hadir membahasnya di Forum kita pagi ini.

Lanjut usia adalah 60 tahun keatas, dengan program yang mendukung akan menjadi lansia yang produktif. Kemensos peduli pada Lansia yang rawan sosial ekonomi. Lansia terlantar dipedesaan, yang tinggal sendiri atau bersama sesama lansia akan dilindungi Kemensos, kesehatannya,pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari.

Kepedulian terhadap lansia perlu ditingkatkan, dan teman HALUN 2016 ini adalah Bersama Lansia Dari Lansia untuk lansia. Sub temanya adalah Lanjut Usia berperan dalam peningkatan pembangunan sosial melalui pemberdayaan dalam program pembangunan bersama Pemerintah

Lansia Produktif dapat menggerakkan keluarganya , dan untuk menguatkan keluarga ini pemerintah hadir dalam Familly Support. Lansia yang masih dapat melaksanakan aktifitas bersama dalam program Day Care.

Pemeriksaan kesehatan, pameran kreatifitas Lansia juga kulineran , Ada pula Pojok Konseling. Dibeberapa tempat ada bedah rumah. Melalui Sudin atau pendamping pekerja sosial dapat diinformasikan kebutuhan yang diperlukan.

Keterlibatan para muda dalam kepedulian pada Lansia sangat diperlukan, jangan menganggap Lansia tak lagi bisa melakukan apa apa. Membentuk Band seperti THE PROF yang terdiri dari para profesor UI, juga seni lukis dan gamelan , semua potensi yang dimiliki lansia.

Panti Lansia dibawah naungan pemerintah pusat tinggal 3 ,karena yang lainnya sudah diserahkan kepada pemerintah daerah, seluruhnya ada 70 panti, informasinya di direktorat lanjut Usia. Lembaga Kesejahteraan lanjut Usia ada 377 lembaga. Tak selamanya Lanjut usia tinggal didalam panti. Karena ada 377 lembaga yang mendukung Lansia tinggal dilingkungannya. Di Bantul ada yayasan yang merupakan shelter lanjut usia, kedepan para volunteer akan semakin banyak diperlukan untuk menjadi sahabat Lansia sehingga semangat dan gairah hidup sehat tetap tinggi, bantu mengurai kerawanan psikososial mereka.

Tgl 2 Juni peringatan HALUN di Seroja, sementara tgl 19 Juli peringatan Hari ulang tahun HALUN di Semarang

Semoga Peduli Lansia saling bersinergi. dengan banyak pihak, sehingga semua ramah Lansia.