Special Show Perepektif Baru - Ewina wanita tangguh Kalimantan Tengah dari Solidaritas Perempuan, Ia seorang guru, petani sekaligus peladang.

Perspektif Baru hadirkan diskusi menarik dengan Ewina wanita tangguh dari Kalimantan Tengah yang bergabung dalam Solidaritas Perempuan. Membahas masalah Hutan yang secara ilegal terus dimanfaatkan oleh perusahaan Kelapa Sawit.

Sosok yang juga seorang guru, disamping ia juga petani menanam padi dan peladang yang bergiat di huma. Bersama Solidaritas Perempuan sejak 2013 mendamaikan masyarakat yang bersateru. Solidaritas Perempuan menolak apapun yang merusak lingkungan dan budaya. Saat masyarakat dilarang kehutan karena adanya Perusahaan kelapa sawit yang menguasai lahan, masyarakat menjadi tak berdaya.

Pada tahun 2011 masyarakat melakuka aksi menyatakan perlawanannya terhadap perusahaan kelapa sawit ini tanpa sedikitpun memperoleh dukungan dari pemerintah. Padahal jelas, perusahaan kelapa sawit ini tidak lagi diperpanjang ijin usahanya sejak tahun 2010. Jadi perusahaan ilegal ini masih terus berlangsung selama 6 tahun meskipun tak mengantongi ijin perpanjangan usaha.

Padahal banyak perempuan yang perlu masuk kehutan untuk mencari obat obatan bila memerlukannya, seperti bagi perempuan yang melahirkan dan memiliki anak dengan gangguan kesehatan, biasanya menggunakan tumbuhan dihutan untuk bahan mengurutnya dsb, Sementara para pria banyak yang meninggalkan desa ,. dan banyak pula yang tidak mengirimkan nafkah, sehingga perempuan harus meladang untuk mencari nafkah.

Namun sejak adanya Solidaritas Perempuan di desa di Kalimantan Tengah ini, banyak kemajuan . Saatt ini sudah ada 15 perempuan yang mengikuti rapat atau diskusiyang semula hanya diikuti oleh para pria. Perempuan lebih kritis bila dimintai tanda tangan persetujuan apapun, mereka akan mempertimbangkan kerugiannya dengan cermat,.

Semoga tak ada lagi ijin untuk perusahaan kelapa sawit yang menyisihkan kesempatan masyarakat untuk hidupbersama hutan huma dan ladang karena disanalah memang mereka tinggal dan berkehidupan.