Special Show Komisi Informasi Pusat - Bp.Ir Abdul Hamid Dipo Pramono MSi, membahas bagaimanaPublik memiliki kesadaran untuk memperoleh informasi

Special Show Komisi Informasi Pusat hadirkan Bp.Ir Abdul Hamid Dipo Pramono MSi, membahas bagaimana informasi Publik. Bagaimana Publik memiliki kesadaran untuk memperoleh informasi. Informasi sesuai dengan undang undang KIP adalah untuk mencerdaskan bangsa. Sekolah memberikan informasi, terkait ilmu, Informasi publik perlu ditingkatkan agar publik pun cerdas , demikian pula pengelola negara.  Bila terjadi sengketa terkait informasi bagi publik, dapat diadukan, putusan KIP baik di PTUN atau di MA

Ada informasi yang boleh dibuka ada yang tidak boleh dibuka, Informasi yang boleh dibuka adalah : Informasi berkala, Informasi Tersedia setiap saat dan Informasi Serta Merta. Informasi yang tidak boleh dibuka adalah Informasi Rahasia Negara, Rahasia Pribadi dan Rahasia Bisnis. Kecuali bila berhubungan dengan jabatan Publik. Rahasia pribadi tidak lagi dimiliki ( kecuali rekening pribadi) bagi pejabat publik.

Ibu Kathy Setio Rini Ketua Komisi Informasi Pusat Surabaya, berharap KIP memiliki action yang dapat ditindak lanjuti oleh daerah. Bila ada MOU akan lebih mudah melaksanakan nya. Biala ada panggilang sidang , banyak masyarakat yang belum paham dengan keterbukaan informasi dsb. Perkumpulan Kepala Desa se Jawa Timur, akan lebih mudah mensosialisasikan informasi mana yang sengketa mana yang terbuka dan tidak, skarenanya masyarakat perlu diedukasi.

Syarat untuk menjadi kades hanya SMP sehingga sosialisasi terkait UU KIP sangat diperlukan. Perangkat desa paham bahwa ada kewajiban desa terhadap keterbukaan. Ada bentuk sosialisasi dengan gambar-2 yang lebih mudah dipahami masyarakat.

Kesadaran Publik akan informasi ini perlu ditingkatkan ada Hari Hak Untuk tahu Sedunia, dengan mencari memperoleh dan memanfaatkan informasi adalah hak manusia. Hari KIN( Keterbukaan Informasi Naional ) baru saja kita peringati. Keberanian untuk menggunakan hak perlu ditingkatkan .