Special Show - Muatan Rencana Undang Undang Pengendalian Tembakau bersama dr Lily Sulistyawati dan dr Hakim Sorimuda Pohan

 

Rencana UU Pertembakauan

Bahasan mengenai Muatan Rencana Undang Undang Pengendalian Tembakau bersama dr Lily Sulistyawati dan dr Hakim Sorimuda Pohan. Dari aspek perlindungan petani banyak substansi yang memusnahkan peraturan pemerintah. Muatan yang lebih menghawatirkan adalah kondisi yang seolah olah ingin ditanamkan bahwa Indonesia adalah negeri perkasa penghasil tembakau. Padahal pasokan dunia terbesar 40 % dari China, kemudian diikuti Brazil sejumlah 16 %, disusul India dengan memasok 10%, kemudian AS memasok 6 % , baru Indonesia bersama Zimbabwe sebesar1,9%. Maka Undang Undangnya jangan sampai  memakmurkan negeri pemasok tembakau lainnya, alih alih memakmurkan petani kita.

Sementara dari Kemenkes , terkait dengan UU pertembakauan , sangat tidak menyetujui usulan rancangan tersebut. Karena sudah diatur oleh UU yang ada sebelumnya,sehingga tidak tumpang tindih.

Kawasan sekolah adalah kawasan bebas rokok. Ini yang harus diperhatikan. Indonesia sudah menjadi darurat narkoba. Narkotika Psikotropika dan bahan adiktif lainnya, maka RUU pertembakauan yang membebaskan periklanan terkait tak perlu dibahas.  Sementara Menteri Perindustrian telah mengeluarkan peraturan terkait kuota rokok yang harusnya diturunkan agar sejalan dengan Nawacita.