Special Show - Rabu 3 Agustus 2016

 

Special Show KBR - Pelayanan Terhadap Penyandang Cacat & Layanan Kesehatan

Special Show KBR  pagi ini hadirkan Kemenhan dengan bahasan mewujudkan penyandang disabilitas TNI yang mandiri. Bicara soal penyandang disabilitas yang terjadi karena tugas bagi seorang TNI tentu perlu sosialisasi.

mekanik mobil mekanik motor, komputer, pertanian terpadu, design grafik, pertukangan kayu dan tata boga dll. Kegiatan rehabilitasi terpadu dilaksanakan dengan program akselerasi, yang tersebar diluar Jakarta.

Terobosan yang dilakukan adalah rehabilitasi terpadu diluar daerah. Vocasional bekerja sama dengan BLK setempat atau Ketenaga kerjaan dan Kementrian Sosial. Saat ini tengah berlangsung di Pangdam Wirabuana.

Sementara bimbingan lanjutan diberikan kepada yang pernah memp[eroleh pelatihan. Agar dapat mengembangkan ilmu yang telah didapat. Untuk rehab medik juga ditinjau kembali bilamana diperlukan perbaikan. Tersedia mobil yang melakukan jemput bola.

Pelatihan dilakukan per 4 bulan, disamping dilakukan sosialisasi tugas tentara yang bukan hanya mengurusi perang. Para Prajurit berkah memperoleh rehabilitasi sebagai anggota TNI dan sipil.

6000 orang disabilitas dari  32 ribu pensiunan TNI, santunan yg diperoleh karena kecacatan yang diakibatkan karena lakalantas pun menjadi tanggungan, dan mendapatkan tunjangan sampai pensiun. Bila ditetapkan cacat diberikan santunan 1 kali, dengan tunjangan bila tidak memperoleh pensiun. Dilakukan home visit untuk mensosialisasikan bahwa prajurit memiliki hak ini.

Melalui seni dan olah raga dapat mengembalikan percaya diri mereka. Ada Tenis kursi roda yang dapat jadi aktifitas penyandang disabilitas.