Special Show - Rabu 20 Juli 2016

 

Special Show KBR -Kementrian Pertahanan Republik Indonesia – Veteran

Membahas masalah aktual Veteran, hadirkan Kol Inf. Muhtar Lutfi, menjadi bahasan menarik KBR pagi ini.  Bicara masalah Veteran dan Purnawirawan, ada perbedaan definisi Veteran dan Purnawirawan. Veteran adalah WNI yang  tergabung dalam pertempuran atau dalam pasukan Internasional PBB. Seorang Purnawirawan tidak langsung disebut Veteran.

Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1967, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Veteran Perjuangan Kemerdekaan IndonesiaVeteran Republik Indonesia adalah warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela Kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia menghadapi negara lain yang timbul pada masa yang akan datang, dan juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan Republik Indonesia, ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963, dan yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi-operasi/pertempuran dalam kesatuan-kesatuan bersenjata.

Syarat menjadi Veteran adalah Sprint perjuangan , KTP, Surat keterangan Kepolisian, daftar ke Kantor Administrator di Propinsi. Beberapa Pemda membantu Veteran dalam berkegiatan. Program membantu Veteran dalam pelaksanaan bedah rumah misalnya , 1700 rumah veteran rencananya akan diperbaiki oleh Kementrian BUMN. Bantuan bukan uang melainkan material.

Hak Veteran RI sesuai  UU 15/2012 mendapat tunjangan, dana kehormatan, pemakanam di TMP. Keringanan pembayaran PBB dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, semua di kelas 1, dan biaya pendidikan untuk anak anak Veteran, Bimbingan UMKM berupa pelatihan bagi Veteran& keluarganya, dengan diberi modal usaha, 25 Juta rupiah. Hak memperoleh perlindungan hukum bagi Veteran

Direktorat Bela Negara akan melaksanakan peringatan Hari Bela Negara di Monas dalam waktu dekat. Disamping program rutin yang dilaksanakan tiap bulan Maret dan dihadiri seluruh veteran Indonesia.

Jumlah Veteran 300 ribu akan terus dikoordinasikan dengan BPJS, PT Taspen dan Direktorat Veteran. Saresehan dilaksanakan BPJS untuk veteran dan pensiunan mensosialisasikan program yang ada. Para janda duda dan yatim piatu memperoleh 50% tunjangan veteran.

Akankah Indonesia memiliki Hari Veteran ? Semoga !