Special Show - Jumat 7 Agustus 2015

Special Show  Radio KBR68H - SKNBI Sistim Kliring Nasional Bank Indonesia

Pagi ini Special Show membahas SKNBISistim Kliring Nasional Bank Indonesia. Banyak hal yang layak kita ketahui, agar  memudahkan urusan perbankan yang kita lakukan. Terkait dengan sistim Kliring Nasional Bank Indonesia, bagaimanakah persisnya ? Simak Obrolan KBR68H di www.radiodfm.com

Ketika kita datang ke Bank untuk melakukan transfer/pembayaran, biasanya petugas bank akan menawarkan apakah Transfer dilakukan lewat RTGS atau Kliring

Adakalanya karena ketidaktahuan masyarakat dan anggapan bahwa semua petugas teller jauh lebih paham dan informasi yang disampaikan dianggap benar, maka informasi tersebut  diterima begitu saja oleg nasabah.

Padahal informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. Sejak tahun 2005 Penyelenggaraan Kliring telah banyak mengalami perubahan (implementasi SKNBI Generasi I), tahun 2010 ada penyempurnaan dan tahun 2015 (5 Juni 2015) Bank Indonesia mengimplementasikan SKNBI Generasi II. 

Nah penjelasan mengenai transfer  , mekanisme Penyelesaian Pembayaran (Dana sampai kepada rekening penerima pembayaran / tunai diterima penerima pembayaran) melalui :

BI-RTGS                     : Transfer Dana di atas  Rp. 100 Juta

Sistem Kliring Nasional Bank Indoensia/SKNBI) (Kliring)     :

Layanan Kliring Warkat debet (Cek dan Bilyet Giro)

Layanan Transfer Dana dibawah Rp. 500 juta

Layanan Penagihan Reguler (pembayaran tagihan dsb à dlm pengembangan)

Layanan Pembayaran Reguler (Angsuran, Pembayaran Gaji Pegawai dsb à dalam Pengembangan)

Swicthing      : Jaringan ATM / transfer On Line Antar Bank dibawah Rp. 25 Juta.

Bagaimana dengan  SKNBI ?

Ketentuan yang mengatur :

PBI No. 17/9/PBI/2015 ttg Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia.

SE BI No. 17/13/DPSP tanggal 5 Juni 2015 tentang  Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia

SE BI No. 17/14/DPSP tanggal 5 Juni 2015 tentang Perlindungan Nasabah Dalam Pelaksanaan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal melalui SKNBI.

Apakah elebihan menggunakan Kliring (SKNBI)Generasi II? Jawabannya sangat menarik karena peserta dapat melakukan transfer ke manapun (seluruh penjuru negeri) dan kepada siapapun nasabah bank dan non nasabah  (sedang dalan persiapan) apabila Penyelenggara Transfer Dana Non Bank telah menjadi peserta SKNBI.

Kiriman akan sampai pada rekening tujuan (maksimal 4 jam) sejak meninggalkan loket bank (mulai 1 Januari 2016 – saat ini masih transisi, sebgaian besar bank telah bisa melakukan hal tersebut, sebagian yang lain masih dalam penyesuaian)

Khusus Jakarta dan Surabaya, Bilyet Giro dapat diserahkan sehari sebelum tanggal efektif jatuh tempo, dan dana akan efektif pada tanggal efektif jatuh tempo (sama dengan wilayah kota lain).

Bagi penarik Bilyet Giro, harus Untuk mengkliringkan  Biaya relatif lebih murah (mulai 1 Januari 2016 maksimal Rp. 5.000, sementara saat ini masih transisi).

Sekaligus dapat untuk colecting tagihan atau pembayaran yang bersifat rutin (bulk) biaya lebih murah.

Banyak lagi yang ingin diketahui ? ajukan ke Amat  Yunus ayunus@bi.go.id  , atau melalui telepon : 021 29815149

Kami tunggu juga interaktif di 08001403131 Bebas Pulsa,atau di 021 8571044 (studio KBR) atau di 08121188181 Khusus untuk SMS dan WA.

Mari menjadi lebih cerdas dalam melakukan transaksi kliring !