Special Show - Selasa 18 Agustus 2015

 

Klinik Kesehatan KBR – Hidup nyaman tanpa Alergi Biduran

Banyak diantara kita yang mau tidak mau bersahabat dengan alergi. Satu diantaranya yang disebut alergi Biduran. Nah dalam Special Show bersama KBR Pagi ini , Rizal dan Dr Iris Rengganis Konsultan Alergi RSCM Jakarta, akan membahasnya simak di www.radiodfm.com

Dampak alergi memang tidak sama Dr Iris Rengganis, di Hotel Emersia Bandar Lampung, bersama Mahasiswa Kedokteran dan Kesehatan asyik ngobrol soal alergi, Ohya ada hadiah bagi yang bertanya atau berkomentar langsung, yang disediakan oleh  PT Bayers Indonesia Hubungi 0800 140 31 31 atau 8571044 dan sms 0812 1188181,  baik telepon atau SMS, akan tersedia hadiah menarik.

Alergi Biduran, alergi terhadap Seafood adalah sensifitas terhadap makanan laut. Alergi dibagi 2, yaitu Alergi pernafasan (batuk bersin hidung berlendir ) dengan pencetus debu atau serbuk bunga dan  Alergi Kulit (eksim,kaligata atau biduren) apakah karena susu,dan makanan, satu diantaranya seafood.

Proteinnyalah pencetus alerginya, susu, kacang dan ikan, proteinnyalah yang memunculkan alergi. Kalau kutu tungau , dan bunga, protein pulalah yang menyebabkannya. Bagaimana seseorang bisa kena alergi yang lain tidak ? Ini karena keturunan, bakat alergi adalah keturunan, meski gangguan alerginya tidak selalu sama. Meski dapat pula yang tak berketurunan alergi, namun dalam kondisi tertentu muncullah alergi. Paparan yang berulang terus menerus, baru memunculkan alergi dikemudian hari. Ini yang perlu kita sadari. Terpaparnya bisa karena dihirup, dimakan ,atau bisa karena suntikan/injektan.

Dalam tubuh kita ada 5 anti bodi , infeksi virus atau bacteri masuk dalam tubuh maka yang bereaksi adalah anti bodi tertentu, yang sedikit demi sedikit akan memunculkan alergi. Obat standar yang biasa dikonsumsi adalah ctm.

Bila seseorang terpapar alergi makanan, cobalah sedikit demi sedikit saat mengonsumsinya, amati akibatnya, siapkan obat anti allergen. Bagaimana bila alergi obat ? disebut dengan Steven Johnson Syndrome / SJS. Bila seseorang alergi obat, obat tersebut harus dihindari, karena kalau tidak akibatnya akan cukup parah , sehingga dapat menyebabkan pasien masuk ICU, bisa pengaruh pada kulit, pada mata dan pada Gigi. Orang yang terkena sinus karena alergi, maka alerginya yang harus dihindari. Ada alergi karena tergigit serangga/nyamuk misalnya, gunakan anti nyamuk oles dan segera minum obat anti alergi.