Special Show - Selasa 9 Juni 2015

Special Show – Selasa 9 Juni 2015

Klinik KBR  - Infeksi Saluran Kemih

Kesehatan tubuh bisa terjadi kalau kita menjaga dan memilih jenis makanan yang mendukung, bagaimana urine membatu ? pernah dengar Honeymoon , wanita yang aktif berhubungan seksual sering muncul keluhan nyeri karena adanya infeksi didaerah kemih. Itu sebabnya kebersihan didaerah genital perlu dijaga, jangan sampai mengalami iritasi, sehingga tidak terjadi infeksi akibat tumbuhnya bakteri. Infeksi ini dapat naik ke kandung kemih.

Anyang anyangan terjadi karena saluran mengalami peradangan, sehingga saluran tersumbat. Perbanyak minum air putih akan membantu.

Untuk pria yang beresiko prostat membesar, biasanya diusia 50 tahun keatas, dengan keluhan sering kencing tak tuntas. Pencegahan dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. 2 Liter air putih perhari, jangan terbiasa menahan kencing, jangan mengonsumsi jamu jamuan yang akan mengganggu hati. Lakukan pemeriksaan urine di puskesmas/lab, sehingga dapat diketahui kesehatan kandung kemih.

Bagi Lansia yang biasanya juga memiliki gangguan gula, darah tinggi, ginjal dll. Nah produksi kencing Lansia tergantung kondisi umumnya. Namun tetap perlu datangi dokter bila seseorang mengalami gangguan saluran kemih, semacam anyang anyangen ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan kencing dengan factor resikonya, maka akan diketahui apakah perlu antibiotic atau tidak.

Bila air seni berbusa, bisa karena kebocoran protein yang masuk dalam air seni, seperti penderita ginjal kronik atau diabetes

Bila seseorang terlalu banyak duduk  sering nyeri bagian bawah, sebaiknya secara berkala bergeraklah, berdiri , berjalan sesaat melakukan stretching peregangan, sebelum kemudian duduk kembali untuk melanjutkan pekerjaan.

Anyang anyangan tidak selalu berarti infeksi, namun bukan berarti kalau hasil urine normal namun masih terdapat keluhan, tetap upayakan dengan memperbanyak minum , dan dicari tahu penyebab lainnya. Bisa jadi kelainan di Rahim bagi wanita, atau dibagian pencernaan, jadi konsullah lebih lanjut ke dokter. Karena semakin jelas penyebab gangguan saluran kemih , semakin mudah mengatasinya.