Special Show - Senin 18 Mei 2015

Special Show – Senin 18 Mei 2015

Jasa Raharja -  John Panjaitan & Mulkan (Humas)

Semakin mengenal peran Jasa Raharja semakin kita paham bagaimana menyikapi kehadiran nya dalam perjalanan panjang langkah kita dijalanan. Pagi ini dalam acara Special Show hadir menambah wawasan kita, Bp A Rachman dan Bp Afdal dari Humas Jasa Raharja , simak selengkapnya di www.radiodfm.com

PT. Jasa Raharja adalah salah satu perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi kecelakaan, dan operasionalisasi usahanya merupakan implementasi dari Undang-Undang No. 33  tentang pertanggungan kecelakaan penumpang, dan UU No. 34 tahun 1964  tentang pertanggungan kecelakaan lalu lintas jalan.


Korban kecelakaan yang merupakan penumpang dari kendaraan umum, terjamin atau tidaknya didasarkan pada UU. No 33 tahun 1964. Sedangkan untuk korban kecelakaan lalu lintas jalan yang bukan merupakan penumpang kendaraan umum, terjamin atau tidaknya didasarkan pada UU. No. 34 tahun 1964.

Untuk dapat dana santunan atas kecelakaan aturannya adalah :

Untuk korban yang menderita luka-luka, berkas yang harus diserahkan yakni berupa fotocopy KTP korban, fotocopy Kartu Keluarga korban atau kartu identitas lainnya, forrmulir pengajuan santunan yang disediakan oleh Jasa Raharja, Formulir keterangan kesehatan korban akibat kecelakaan yang diisi oleh dokter yang menangani korban, laporan polisi, surat kuasa, dan kwitansi asli bukti pembayaran perawatan korban yang ditangani oleh dokter dan bukan pengobatan tradisional.

Sedangkan untuk korban meninggal dunia, berkas yang harus diserahkan oleh ahli waris korban yakni fotocopy KTP/Kartu Keluarga/kartu identitas lainnya, formulir pengajuan santunan yang disediakan oleh Jasa Raharja, Surat Keterangan ahli waris, Surat nikah/surat keterangan belum menikah dan Akte Kelahiran.

Dalam operasionalisasinya, pembayaran dana santunan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja dibedakan menjadi beberapa kategori.

Untuk korban meninggal dunia, dana santunan yang diberikan maksimal sebesar  25 juta rupiah sedangkan untuk korban yang menderita luka-luka akibat kecelakaan, dana santunan yang dapat diberikan maksimal sebesar Rp 10 juta rupiah -Selain itu, Jasa Raharja juga memberikan santunan untuk korban cacat tetap akibat kecelakaan yakni sebesar 25. Juta rupiah dan biaya penguburan jika tidak ada ahli waris sebesar 2 juta Rupiah

Biaya untuk kecelakaan Luka luka misalnya, mendapatkan  10 Juta untuk biaya perawatan maksimal. Cacat tetap ditentukan oleh prosentase kecacatannya oleh dokter konsultan Jasa Raharja, bila meninggal  dan tak memiliki ahli waris mendapat biaya pemakaman 2 juta rupiah. Amputasi lengan kanan 76 % dan tangan kiri 60 %  untuk jari jari, ada yang 10 % ada yang 5 % dari biaya 10 Juta yang disediakan.

Selain dalam hal pertanggungan pasca kecelakaan lalu lintas, PT. Jasa Raharja juga memiliki kontribusi dalam mengurangi angka kecelakaan. Diantaranya, adanya kegiatan mudik gratis saat lebaran beberapa tahun terakhir ini, pemasangan spanduk peringatan keselamatan dalam berkendara, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, dll

Mengawinkan ongkos  angkut dengan premi Jasa Raharja , dari 100 ribu ongkos misalnya, premi 6 ribu sudah termasuk disana. Demikian pula dengan BMPKB PKB , semua pembayaran STNK berarti telah membayar asuransi. Ini untuk semua kendaraan bermotor.

Bila korban ditabrak pengendara yang ugal ugalan, korban mendapat santunan namun pengendara motor yang menabrak tersebut tidak mendapatkannya.

 

Ohya sudah dekat dengan mudik gratis nih, dengan bis atau kereta api. Jadi jangan lagi pulang dengan sepeda motor. Daftarkan oin line  mulai tanggal 4-30 Mei. Pendaftaran  mudik gratis ini dapat diakses  dan pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan mengisi formulir di situs yang telah disediakan.

Untuk pulang mudik dengan Bis Sabtu tanggal 11 Juli 2015 dari parker Timur Senayan, dengan KA berangkat dari  Senin pada hari Minggu 12 Juli 2015

Anda juga bisa ikut mendaftar pada program mudik gratis jasa raharja 2015 ini dengan melalui SMS. Ketik : mudik JR kirim ke Sms center Jasa Raharja  yaitu  0812 10 500 500

Jasa Raharja telah memberikan sosialisasi tentang Jasa Raharja pada sekolah-2, laporan yang disampaikan ke Jasa Raharja berlaku sampai 6 bulan sesudah saat kecelakaan, jadi jangan mengabaikan hal ini, agar korban memperoleh haknya.