Special Show - Selasa 7 April 2015

Special Show – Selasa 7 April 2015

Hidup Nyaman Tanpa gejala Alergi - dr Iris Rengganis

Sehat adalah hadiah terindah kehidupan , sehingga kita dapat melaksanakan banyak hal. Namun kesehatan tidak dengan sendirinya datang, kecuali kita mengupayakan nya, kita menjaganya. Nah diacara Special Show pagi ini, kita bahas Hidup nyaman tanpa gejala Alergi.  bersama  dr Iris Rengganis spesial penyakit dalam dan konsultan Alergi di RS Cipto Mangusn Kusumo.. Siaran bersama KBR  ini juga dapat disimak melalui www.radiodfm.com

Bila anda alergi asap rokok, menghindarlah dekat dekat perokok,Bila alergi debu ? Hindari debu sedapat mungkin. Catat semua riwayat perjalanan pencetus alergi kita. Catatan ini akan sangat membantu kita mengantisipasi munculnya Alergi, dan dapat menjadi petunjuk bagi dokter yang menangani penyakit kita. 

Bagaimana dengan alergi dingin tiap pagi ?  Padahal tak mungkin menghindari pagi bukan ? Nah, berarti siap dengan segera keluar terpapar matahari, dan konsumsi obat. Di Indonesia paling banyak adalah alergi tungau. Dan Alergi yang parah tanpa pengobatan akan membuat tenggorokan bengkak, menyebabkan paru-2 tak dapat bekerja sehingga dapat membuat otot membengkak dan menyebabkan kematian.

Kalau Alergi Obat ? Ini penting untuk kita kenali,kita catat , sehingga ketika kita berobat , informasi ini dapat kita berikan pada dokter yang menangani kita, sehingga obat yang diberikan tepat.

Alergi makanan seperti alergi ayam negri, sebaiknya makan ayam kampung, atau kalau mau menikmati ayam negeri, sedikit saja, itupun ayam yang segar. Atau kalau perlu, siapkan obat alerginya.

Alergi pada anak anak, kadang kulit memerah, tidak selalu gatal. Ada juga alergi susu. Pada umumnya berupa eksim, dipipi, dilipatan kulit.  Andai minumnya masih ASI , berarti ibunya yang harus diet makanan pencetus alergi.

Alergi udang dan kerang, hanya bisa diobati sambil hentikan terlebih dahulu makan udang atau kerang, baru kemudian kita coba sedikit demi sedikit, lama lama tubuh akan mentoleransi diri dan bisa makan udang, dengan batasan jumlah yang dimakan terbatas.

Bila alergi muncul saat berkeringat karena kepanasan, bisa jadi kita memiliki jamur. Biasanya pasien dikirim ke parasitologi, yang diobati adalah jamurnya, dengan salep. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, umumnya akan dapat diatasi.

Bila seseorang mengonsumsi obat, misalnya penurun panas, kemudian yang bersangkutan mengalami bengkak bengkak, bentol  atau asma, ini berarti alergi obat tersebut.

Di Indonesia sebanyak 80 % orang mengalami alergi tungau rumah, hindari karpet. Atau yang alergi kapuk, gunakan dakron sebagai pengganti kapuk, sehingga bersih debu menjadi kebutuhan penderita alergi ini.

Produk kosmetik yang dapat memicu alergi, baik itu bedak, lipstick, foundation , cat rambut dll. Test nya adalah tes tempel dipunggung selama 48 jam.

Alergi yang kita alami harus kita ketahui penyebabnya, bersin atau gatal ? catat semua yang kita makan sehingga kita tahu apa faktor pencetusnya. Alergi terutama karena faktor genetik tak dapat dismebuhkan, yang dapat kita lakukan adalah menghindari faktor pencetus. Hindari memelihara hewan berbulu, dan siapkan obat anti alerginya.

Jadi, bila ada gejala alergi muncul, sesedikit dan sekecil apapun, kenali dengan baik, sehingga kita dapat menghindari pemaparnya, apakah itu karena udara dingin, debu, tungau, makanan, obat dll. Sehingga apapun alerginya kita dapat hidup dengan nyaman !

 

Bila ada yang ingin ditanyakan, hubungi 08121188181