Special Show - Selasa 10 November 2015

 

Special Show -  Klinik KBR Alergi Biduran

Special show bersama KBR 68 H hadir keruang dengar anda, Dr Iris Rengganis , ahli penyakit dalam sekaligus konsultan alergi,pengajar UI  pagi ini  membahas penyakit yang mengganggu kenyamanan , yaitu alergi. Ada yang ingin anda tanyakan ? silahkan hubungi 08001403131atau 0812 118 81 81

Biduran merupakan penyakit semua orang, ada 80 % orang pernah terkena biduran. Bukan selalu karena alergi makanan, bisa juga karena dingin dll.

Saat sel mengeluarkan zat yang namanya histamine,maka obat yang kita konsumsi adalah anti histamine. Ini Wajib aputik, biasanya diberikan obat 1 kali minum, namunselanjutnya pergi kedokter.

Reaksi alergi adalah keadaan menyimpang karena adanya antibody yang berubah, yang sensitive pada bahan dilingkungannya .  Yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya adalah lingkungan dimana kita berada. Bakat yang takkan muncul bila lingkungan mendukung. Atasi alergi dengan edukasi dan pencegahan yang baik. Karena obat obatan saja tidaklah cukup.

Bagaimana dengan toleransi yang semakin bertambah sehingga bila daya tahan membaik akan tidak selalu terpapar alergi, karena system imun ini yang berperan menahan atau memunculkan alergi. Derajad toleransi disini yang perlu ditingkatkan.

Secara spesifik biduren datangi dokter THT, agar memperoleh obat anti alergi. Hindari factor pencetus, Perjalanan alergi biasanya bertahun meski saat menjelang siang ada matahari, alerginya hilang. Ini yang membuat orang merasa tidak mempermasalahkan alerginya, padahal kalau dibiarkan bisa menimbulkan sinusitis dsb. Alergi bahkan dapat mengancam nyawa, biasanya drop mata gelap, lemas inilah yang perlu suntikan penawar. Anafilaxis adalah alergi yang mengancam nyawa. Waspadai bila kita termasuk yang alergi obat.

Biduran dapat dicegah agar tidak berulang, dengan memahami pencetusnya. Denagn periksa invivo akan diketahui. Hindari menggunakan karpet dikamar tidur dan bersentuhan dengan debu serta udara dingin. Bagaimana dengan bisulan ? ini pun jenis alergi karena sensitive, entah terhadap telur atau ikan, inilah intoleransi  terhadap makanan.

Bicara soal alergi karena factor genetic , kita memang perlu menghindari pencetus apapun alerginya, entah karena makanan debu dsb. Pahami sensitifitas alergi kita dimana, dengan kemudian menghindari factor pencetus dan siap serta rutin mengonsumsi obat alergi.

Test alergi penting, jangan minum obat anti alergi dulu selama seminggu baru tes alergi. Test dibawah kulit dan test darah. Biayanya terjangkau

Dampak terburuk biduran adalah anaxfilaxis, control setiap bulan akan membantu.

Mari tingkatkan kesadaran kita terhadap bakat alergi kita, jaga jangan bersentuhan dengan pencetusnya, sehingga kita terhindar dari gangguannya.