Special Show - Rabu 7 Oktober 2015

Special Show - Ketuk Pintu dengan Hati Wujudkan Jakarta Sehat

Bagaimana mewujudkan Jakarta Sehat melalui ketukan pintu dengan hati ? bahasan menarik ini akan hadir dalam Special Show pagi ini bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dr Kusmedi Priharto SpOT M.Kes &Kasudinkes Jaksel  Dr Octoviana Karlina Simak sepenuhnya di www.radiodfm.com

Menjaga kesehatan adalah utama dalam perjalanan hidup kita, mulai dari masih kanak kanak sampai lansia. Data statistic menjelaskan bahwa banyak dana lari ke pengobatan, mengapa tidak jaga diri untuk tidak sakit dengan pencegahan ?

Saat ini Rumah kumuh, kampong deret bahkan sampai ke apartemen menjadi tanggung jawab puskesmas Kecamatan beserta 305 Puskesmas Kelurahan.  Melalui pendataan akan diperoleh angkasetiap 1250 jiwa akan disediakan  dokter akan disiapkan rumah sakit kecamatan sehingga masyarakat tidak berkesulitan untuk menjangkau rumah sakit. Dengan 4 spesialis dasar danpenyakit dalam, bedah dan kebidanan .

Penyakit dapat ditangani ditingkat kecamatan sehinggatak perlu ke rumah sakit besar. 2017 diharapkan pola masyarakat dalam menjaga kesehatan sudah meningkat. Penyakit menular atau akibat gaya hidup masih tinggi Stroke, jantung , diabetes dll. Kecelakaan Lalin dst sampai angka HIV dimana DKI menempati peringkat tertinggi . Biaya berobat warga DKI akan menjadi tanggunan pemerintah bila ada dikelas 3. Medical check up dapat diperoleh secara gratis.

Fakta menunjukkan pasien di rumah sakit semakin hari semakin bertambah. Mengapa hal ini terjadi ?

Dr Octoviana Karlina mengharapkan masyarakat Jakarta Selatan dapat mengoptimalkan pencegahan dibandingkan dengan pengobatan. Di tingkat kecamatan terdapat 10 Puskesmas. Petunjuk dari Dinasuntuk rumah sakit Kecamatan khususnya Jakarta Selatan. 16 ribu dari 22 Ribu Dokter Umum di DKI akan mewujudkan Jakarta Sehat melalui Ketuk Pintu dengan hati wujudkan Jakarta Sehat, mengganti kondisi saat ini yang justru mencari orang sakit melalui BPJS Kesehatan, bukan pencegahannya. Diharapkan bila rakyat lebih sehat maka biaya pengobatan dapatditekan . Bicara soal pendidikan kesehatan bagi anak balita atau anak anak kita kelak kedepan Sekolah-2 mulai PAUD sampai SMA hanya makan di kantin sekolah. Bukan jajanan yang selama ini lebih banyak menyajikan panganan yang tidak sehat karena berpengawet dan pewarna .

Jakarta Sehat 2017 akan menjadi bagian yang mengawali Indonesia sehat. Program Dokter turun ke lapangan akan dimulai akhir Oktober atau awal November, melalui pendataan. Dokter Puskesmas akan lebih banyak turun jemput bola. Yang dirujuk datang ke Puskesmas hanyalah pasien yang memerlukan pemeriksaan laboratorium. . Data terakhir yang didapatDinkes Jaksel adalah 46 Ibu Hamil mengalami gangguan kesehatan (mengidap HIV) dan 3 bayi.

Pada tanggal19 Oktober  mendatang seluruh SKPD bersama masyarakat di Jakarta Selatan akan mengadakan aktifitas di kelurahan Petogogan. Diperlukan Budayawan sosiolog,psycholog untuk mengubah mindset masyarakat mengenai budaya sehat. Bila ada warga tak bisa berjalan, panggil ambulans, bawa ke rumah sakit. Inilah yang dipersuasi kepada masyarakat kita.