Special Show - Selasa 6 Oktober 2015

Special Show Klinik KBR  - Hidup Nyaman Tanpa gejala Alergi Biduran

Pagi ini Klinik KBR kembali membahas mengenai Hidup nyaman tanpa biduran .Dr Iris Rengganis Konsultan Alergi RSCM Jakarta, yang akan membahasnya , Ingin tahu lebih banyak ? hubungi Hubungi 0800 140 31 31 atau 8571044 dan sms 0812 1188181, simak di www.radiodfm.com

Alergi muncul karena faktor pencetus yang berbeda beda, nah penting bagi kita mengetahui penyebab alergi kita apa. Derajad sensitifitas orang tidaklah sama, sehingga perbedaan ini pun menyebabkan perbedaan pengatasannya. Alergi Biduran, alergi terhadap Seafood adalah sensifitas terhadap makanan laut. Alergi dibagi 2, yaitu Alergi pernafasan (batuk bersin hidung berlendir ) dengan pencetus debu atau serbuk bunga dan Alergi Kulit (eksim,kaligata atau biduren) apakah karena susu,dan makanan, satu diantaranya seafood.

Bila seseorang gatal gatal karena makan ikan laut, yang harus dilakukan adalah menghindarinya selama 3 bulan, setelah itu sedikit demi sedikit coba makan ikan , sampai kadar sensitifannya berkurang. Kalau masih saja alergi, ya sebaiknya dihindari . Ini namanya pencegahan penghindaran. Ada pula orang alergi saat berkeringat, bisa jadi ini karena jamur. Jadi bila selama 3-4 bulan terus terjadi, maka harap diperiksakan ke laboratorium. Karena bila tidak , kinerja akan terganggu karena kita terinfeksi jamur tanpa kita ketahui. Bila gatal keringat malam hari dan gatal, bisa jadi itu jamur. Kalau anda menggunakan AC kemudian muncul gatal gatal, bisa jadi alergi dingin, coba periksakan , kalau benar, hindari penggunaan AC Alergi Biduran, alergi terhadap Seafood adalah sensifitas terhadap makanan laut. Alergi dibagi 2, yaitu Alergi pernafasan (batuk bersin hidung berlendir ) dengan pencetus debu atau serbuk bunga dan Alergi Kulit (eksim,kaligata atau biduren) apakah karena susu,dan makanan, satu diantaranya seafood.

Untuk alergi protein lakukan tes darah atau tes tusuk kulit , karena tes ini akan menjelaskan jenis alergi kita meski biayanya cukup tinggi Protein yang menjadi pencetus alerginya, susu, kacang dan ikan, proteinnyalah yang memunculkan alergi. Kalau kutu tungau , dan bunga, protein pulalah yang menyebabkannya. Bagaimana seseorang bisa kena alergi yang lain tidak ? Ini karena keturunan, bakat alergi adalah keturunan, meski gangguan alerginya tidak selalu sama. Meski dapat pula yang tak berketurunan alergi, namun dalam kondisi tertentu muncullah alergi. Paparan yang berulang terus menerus, baru memunculkan alergi dikemudian hari. Ini yang perlu kita sadari. Terpaparnya bisa karena dihirup, dimakan ,atau bisa karena suntikan/injektan. Dalam tubuh kita ada 5 anti bodi , infeksi virus atau bacteri masuk dalam tubuh maka yang bereaksi adalah anti bodi tertentu, yang sedikit demi sedikit akan memunculkan alergi. Obat standar yang biasa dikonsumsi adalah ctm. Kalau gatal jangan digaruk, karena semakin digaruk semakin melebar.

Yang utama adalah cari penyebabnya. pergi ke Laboratorium dan temukan apa penyebab alergi kita. Hindari, minum obat dan kita dapat hidup nyaman tanpa alergi biduran.