Special Show - BPJS Kesehatan - Selasa 2 Desember 2014

Special Show BPJS 2 Desember 2014

Prolanis & Rujuk Balik Bagi bagi KJS -  Riri Wijaya -Ahmad Sofyan & A. Rizki

Kesehatan bukanlah segala galanya, namun tanpa kesehatan kita tak mampu melakukan segalanya.  Program BPJS semakin dekat dengan masyarakat Prolanis, program pengelolaan penyakit kronis. Tingkat penyakit kronis makin tinggi sehingga harus dikelola semakin baik, kebutuhan obat rutin, sehingga kelanjutan dapat dilaksanakan di Puskesmas, tidak harus ke RSP.

Diabetes misalnya, kalau sudah stabil selama 6 bulan, maka selanjutnya resep sudah bisa diberikan oleh klinik, dengan pengambilan obat di apotik khusus untuk rujuk balik. Sejak BPJS kesehatan ada 9 jenis penyakit yang dilayani yaitu  diabetes hipertensi jantung asma PPOK , epilepsy, sizofernia dan stroke.

Pojok PRB akan membantu membuat kartu rujuk balik, yang akan diarahkan ke puskesmas dan apotik masing masing.

Program Rujuk Balik BPJS cabang Jakarta Barat, pak Sofyan menjelaskan  di BPJS tanpa screening atau medical check up. Peserta Mandiri tak terbatas penduduk di Jakarta Barat, beda kalau itu dari Perusahaan, hanya Perusahaan yang ada di Jakarta Barat. Ada 145 diagnosa yang harus dilakukan Puskesmas dan akan dirujuk ke Poli atau RS yang bekerja sama dengan BPJS.

Pertanyaan pak Jimmy di Roxy tentang operasi katarak, BPJS melayani lewat prosedur melalui RS yang bekerjasama dengan BPJS dan akan di cover.

Pak Anto bertanya soal pendaftaran secara manual, kuota pembatasan perhari dalam antrian. Di Jakarta Barat perhari dilayani 300-400 peserta perhari, itu sebabnya untuk kemudahan pelayanan pendaftaran melalui Bank BRI, setelah isian formulir didapat melalui On Line.

Manfaat program Rujuk Balik adalah , obat dapat diresepken oleh Puskesmas/klinik, dan resep dapat ditebus di apotik tidak harus di RSP sehingga waktu yang diperlukan lebih pendek. Bila resep obatnya tak tersedia di apotik yang bekerja sama BPJS, maka ketersediaan obat diapotik  dapat dilihat di E catalog.

Disamping itu, keuntungan bagi dokter umum/ primer, akan lebih tahu kondisi pasiennya. Sebagai get keeper dokter dapat meningkatkan kompetensi secara medis.

BPJS Mengajak masyarakat berperan aktif untuk meningkatkan kwalitas kesehatan karenanya sebagai . Ada pelayanan malam hari di Kelurahan di Jakarta Barat. BPJS melayani via on line bpjs-kesehatan.go.id