Special Show - BPJS Kesehatan Jakarta Barat

Special Show – Jumat 28 November 2014
BPJS – Achmad Sofian Pemasaran BPJS Jakarta Barat

Pagi ini, di Special Show hadir bahasan mengenai BPJS, yang sosialisasinya sangat diperlukan bagi masyarakat yang ingin kejelasan.  Bersama Achmad Sofian selaku staff Pemasaran BPJS Jakarta Barat
BPJS sudah begitu dikenal, namun belum semua kita tahu persis bahwa  peserta BPJS ada 3 golongan
1.    Penerima bantuan yang iruannya di berikan oleh Pemerintah
2.    Sektor Formal, PNS POLRI dan BUMN
3.    Peserta mandiri.
Badan Usaha menengah besar atau kecil harus terdaftar sebagai peserta BPJS. Perusahaan yang memiliki ijin resmi  harus menjamin kesehatan karyawannya  dengan mendaftarkan karyawannya di BPJS.
2015 akan ada program kepatuhan, agar perusahaan mendaftarkan karyawannya ke BPJS, yaitu bagi karywan yang memiliki gaji tetap. Buruh lepas ditanggung sebagai peserta perorangan.  4,5 % ditanggung perusahaan sisanya ditanggung karyawan. Yang ditanggung adalah pekerja dengan pasangan dan 3 anak. Bila ingin mengikutkan anggota keluarga lain, maka perlu menambah 1 %.
Maka tiap bulan akan dikirimkan tagihan secara kolektif pada perusahaan, berdasarkan nama yang didaftarkan.
Pendaftaran diserahkan kepada kebijaksanaan masing-2 daerah.  Sesuai dengan UMP daerah. Bila seseorang memiliki kartu BPJS mereka dapat langsung ke RS ke UGD bila sakit.  Tunggakan perorangan selama 6 bulan adalah batas mendapatkan pelayanan, lebih dari 6 bulan tidak dilayani. Yang tak dapat di cover adalah penyakit akibat kecelakaan, semua penyakit yang lain dilayani, cuci darah , atau kanker dll.
Peserta dari perusahaan, kelas 1 dan kelas 2 gaji 3,5 juta dikelas 2, gaji diatasnya dikelas 1.
Pendaftaran dapat langsung atau  on line, dapat juga ke Bank dengan mengisi formulir yang disediakan. Bila seseorang terdaftar sebagai pemilik KJS , tutup keikut sertaan KJS  nya dengan melapor dan berpindah ke BPJS.
Bila ingin bertanya lebih lanjut silahkan Hot line BPJS adalah 500400 atau website bpjs-kesehatan.go.id