Promo Film : " Ada Surga di Rumahmu " - 26 Maret 2015

Ada Surga di Rumahmu

“Surga itu begitu dekat. Tapi, mengapa kita sibuk mengejar yang jauh?”

Ramadhan kecil (Raihan Khan) adalah anak yang nakal. Setiap masalah dengan temannya sering diselesaikan dengan berkelahi. Namun di balik kenakalannya, Ramadhan memiliki bakat yang luar biasa dalam bercerita. Ramadhan pun bercita-cita menjadi artis. Abuya (Budi Khairul), ayah Ramadhan, menyadari bakat yang dimiliki anaknya. Di saat mengajar mengaji dan melihat  Ramadhan berulah, dia memberi hukuman pada anaknya untuk bercerita. Meski menghukum, Abuya  senantiasa menikmati dongeng yang disampaikan Ramadhan.  Ramadhan terpaksa berpisah dengan kedua orang tuanya ketika Abuya dan Umi (Elma Theana) mengirimkannya ke pesantren setelah berkelahi lagi dengan temannya. Pesantren tersebut dipimpin  oleh Ustadz Athar (Ustadz Ahmad Alhabsyi) yang disegani masyarakat sekelilingnya. Hidup jauh  dari orang tua dan tinggal di pesantren tak membuat kenakalan Ramadhan berkurang. Akibat  kenakalannya dia dan kedua temannya Kiagus (Qya Gus Ditra) dan Abdul (Hendra Wirajaya) harus  dihukum Ustadz Athar, di antaranya melakukan dakwah di kuburan dan tempat-tempat yang ramai.  Hukuman ini terpaksa mereka jalani meskipun harus menghadapi celaan, hinaan, bahkan terkadang  ancaman. 

Hidup Ramadhan dewasa (Husein Alatas) berubah saat Ustadz Athar menyampaikan kabar yang mengharukan. Ternyata selama ini biaya belajar di pesantren dibayar oleh Abuya dengan  mendonorkan ginjal pada Ustadz Athar yang memang sakit-sakitan. Kenyataan ini sangat memukul  dan menyadarkan Ramadhan. Ia pun bercita-cita agar nantinya menjadi ustadz dan membaktikan  ilmunya di pesantren.

Akan tetapi godaan tetap datang yang membuat Ramadhan di persimpangan jalan. Dia bertemu  Kirana (Zeezee Shahab), gadis yang dikenalnya saat ada shooting film di pesantren, dan  berhubungan semakin dekat. Namun perkenalan dengan Kirana menyisakan rasa cemburu Nayla  (Nina Septiani), yang sudah menjadi teman Ramadhan sejak kecil. Selain itu, keinginan lama  Ramadhan untuk menjadi artis pun bangkit kembali. Tanpa menghiraukan perasaan Ustad Athar dan  kedua orang-tuanya, Ramadhan mencoba merantau ke Jakarta untuk menjadi artis. Sementara itu Umi yang sakit-sakitan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit dan akhirnya kehilangan kemampuan bicara, sedangkan Abuya sudah kehilangan satu ginjalnya demi masa depan Ramadhan.

Peristiwa demi peristiwa membenturkan Ramadhan pada kenyataan kehidupan.Bagaimana pilihan hidup Ramadhan? Lalu siapakah gadis yang dipilih Ramadhan?Terinspirasi dari buku best seller Ada Surga di Rumahmu karya Ustadz Alhabsyi.