Talkshow dengan UNICEF Green Voice Plan

Narasumber : Bpk. Farhan Helmi (Ketua Green Voice Foundation), Vinus (Advisor Panel Maumere), Faza (Advisor Panel Jakarta)

Narasumber : Bpk. Farhan Helmi (Ketua Green Voice Foundation), Vinus (Advisor Panel Maumere), Faza (Advisor Panel Jakarta)

Belakangan ini, kita pasti merasa cuaca yang tidak menentu. Hari yang awalnya panas, beberapa saat kemudian bisa tiba-tiba hujan. Masalah perubahan iklim yang ekstrim ini memang menjadi masalah kita bersama. Salah satu aksi nyata sedang dijalankan oleh UNICEF dan Green Voice Plan.

Dalam gerakan ini, mereka mengadakan seleksi ke beberapa sekolah di Indonesia untuk meminta pendapat anak muda tentang ide mereka dalam mengatasi masalah perubahan iklim ini. Nantinya, aspirasi para anak muda ini akan dibawa perwakilan pemerintah Indonesia ke Paris dalam konverensi yang lebih besar.

Banyak cara yang bisa dilakukan para generasi muda untuk ikut mengurangi masalah perubahan iklim. Dan untuk mengajak anak muda melakukan perubahan ini tidak mudah. Butuh trik dan persuasi yang baik. Salah satu langkah nyatanya adalah dengan mengurangi penggunaan penggunaan handphone. Semakin sering penggunaan hp, maka semakin sering kita menggunakan listrik untuk charge handphone ini. Padahal dengan kita menghemat penggunaan listrik, akan menjadi modal untuk kehidupan mendatang. 

Gerakan lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan lebih sering konsumsi sayur-sayuran. Kenapa? Dengan lebih sering konsumsi sayur, maka semakin sering juga petani memanam. Dan ini bisa menjaga mata pencaharian petani agar tidak beralih menjadi peternak. Ternyata, limbah kotoran dari hewan ini bisa lebih berbahaya dari Karbondioksida yang ada di jalan.

Dengan adanya pertemuan para anak muda ini, diharapkan semakin banyak anak muda yang peduli dengan masalah perubahan iklim ini. Diharapkan adanya sinergi antara sesama anak muda dan juga para orang dewasa dalam mengatasi krisis iklim ini. Perubahan nyata harus digerakan oleh semua pihak.