Kemandirian Perempuan

Pada masa seperti saat ini, perempuan tidak lagi dipandang lemah. Kini perempuan mampu bekerja dan berkreasi sendiri, bahkan masuk pula pada bidang-bidang yang dulunya hanya dilakoni oleh pria. Lalu bagaimana dengan perempuan yang mandiri?

Bagaimana agar menjadi pribadi yang lebih mandiri?

  • Stop membandingkan-Cobalah untuk tidak membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain. Lepaskan keinginan untuk memiliki apa yang tidak Anda miliki dan menghargai apa yang telah menjadi milik Anda.
  • Jangan terlalu berharap pada hubungan- Ingatlah bahwa tidak ada yang berlangsung selamanya, bahkan hubungan yang sempurna pun bisa berakhir. Jadi, seberapa dalam pun hubungan yang terjalin dengan seseorang, pastikan Anda memiliki hal lain dalam hidup Anda, apakah itu pekerjaan, hobi, teman, sekolah, dan sebagainya.
  • Trendsetter bukan follower - Jangan merasa berkewajiban untuk mengikuti tren fashion. Menjadi seorang perempuan mandiri berarti Anda berpakaian seperti yang Anda inginkan, terlepas dari komentar orang-orang di sekitar Anda. Sejauh Anda merasa nyaman, sesuai selera dan kreativitas Anda.
  • Lindungi seksualitas Anda - Setiap perempuan pada satu titik terkadang bertemu dengan pria yang ingin mengambil keuntungan darinya secara seksual. Karena itu beranilah untuk berkata tidak dan menolak jika Anda merasa tidak nyaman terhadap sikap dan perlakuan seseorang.
  • Jangan berhenti belajar- Pendidikan formal maupun informal tidak hanya memberikan keterampilan dan pengetahuan yang Anda perlukan untuk mengejar karier, juga membuat Anda lebih dihormati oleh orang-orang yang Anda temui dalam hidup Anda.
  • Berdiri sendiri- Artinya, Anda harus belajar untuk berjuang sendiri jika Anda tidak ingin dimanfaatkan oleh orang lain.
  • Kelola keuangan - Jika Anda ingin benar-benar independen, Anda harus belajar bagaimana membiayai hidup sendiri tanpa bergantung pada bantuan orang lain.