Kebersihan Barang Pribadi

Pentingnya menjaga kebersihan diri terkadang dilupakan karena sibuknya Anda dan kurangnya waktu. Barang-barang sekitar andapun menjadi penyebab terganggunya kesehatan anda, apa saja sih barang-barang yang ternyata menyimpan banyak bakteri dan bagaimana anda merawatnya?

Image : kaskus.co.id 

Image : kaskus.co.id 

Taukan ya toilet bisa jadi benda yang paling jorok yang pernah Anda temui, tapi ternyata tidak begitu jika dibandingkan dengan lima benda ini :

  • Ponsel - Ada kemungkinan, pada ponsel menempel sekitar 16 persen kuman atau bakteri. Hal ini disampaikan salah seorang peneliti di London. Bakteri itu bukan berasal dari wajah Anda, melainkan saat memegang ponsel Anda juga “bersentuhan” dengan angkutan umum, kamar mandi, meja kantor, dan benda-benda kotor lainnya. Untuk mengantisipasi kuman ini, Anda bisa rutin membersihkan ponsel dengan disinfektan.

  • Sikat Gigi - Menurut Philip Tierno Jr, direktur mikrobiologi dan imunologi NYU Langone Medical Center dan penulis "The Secret Life of Germs", ketika Anda menyiram toilet, beberapa tetesan semprotannya bisa “terbang” lebih dari 20 meter. Siapa yang bisa menjamin kalau tetesan itu tidak mengenai sikat gigi Anda. Usahakan meletakkan sikat gigi di luar kamar mandi untuk menghindari transfer bakteri dari toilet. Cara lainnya adalah dengan merendam sikat gigi dalam obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chlorid e selama 20 menit.