Ingatan Kuat

Obrolan Sore - Rabu, 10 September 2014

Host : Marcy Sahulata

Pernah nggak sih mengalami hal yang seperti ini? Saat anda jalan di mall, dan bertemu dengan seseorang yang menyapa anda, lalu anda linglung dan berpikir siapakah orang tersebut? Bisa jadi daya ingat anda menurun lho. Atau dalam kondisi terburu-buru, seringkali ada saja yang barang yang tertinggal. Kalau hal ini sering terjadi dan menjadi kebiasaan bisa bahaya. Nah bagaimana menghilangkan kebiasaan buruk ini?

  • Anda bisa melakukan berbagai cara yang fungsinya untuk meningkatkan kemampuan otak kita untuk mengingat.
  • Main game asah otak-Nggak cuma tubuh saja yang butuh dilatih supaya lebih fit dan sehat, otak juga butuh pemanasan biar nggak gampang lupa. Caranya mudah dan menyenangkan banget yaitu dengan main game saja yang mengasah otak. Misalnya Sudoku, tebak gambar, teka-teki silang dan lain-lain.
  • Sering bergaul dan bersosialisasi-Ternyata sering berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, memancing kemampuan otak untuk bekerja dengan baik. Misalnya sering bertemu dengan orang baru melatih kita untuk mengingat. Selain itu, interaksi dengan orang lain membuat kita melatih otak untuk melakukan perencanaan, mengontrol emosi dan logika.
  • Tidur cukup-Selain mengembalikan stamina tubuh, ternyata tidur bisa merangsang daya serap (asimilasi). Istirahat selama 15-20 menit bisa mengembalikan kesadaran, kewaspadaan dan kekuatan memori dalam otak.
  •  Mengingat hal-hal menyenangkan-Kenangan indah atau membahagiakan memang susah hilang dari ingatan. Sering mengingat hal-hal menyenangkan ternyata membawa dampak positif untuk kemampuan otak kita. Salah satunya mempertajam daya ingat kita tentang memori-memori masa lalu.
  • Belajar bahasa baru-Beruntunglah Anda yang punya kemampuan dua bahasa. Karena sebuah penelitian yang dilakukan Annals of Neurology menunjukkan bahwa orang dewasa yang bisa berbicara dalam dua bahasa atau lebih, bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak saat memasuki usia lanjut nanti.

Selain mengasah otak dengan berbagai cara, anda juga bisa menjaga kemampuan ingatan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam kandungan positif, seperti :

  • Ikan-Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga membantu meningkatkan memori dan mengatasi depresi. Asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi sel otak. Temukan asam lemak omega-3 dalam makanan berikut: salmon, tuna, mackerel, teri, dan sarden.
  • Teh hijau-Kandungan polifenol dalam teh hijau merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel-sel otak. Teh hijau juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan memori dan memperlambat penuaan otak.
  • Berries-Berries kaya akan quercetin, yang dipercaya dapat membantu fungsi sel-sel otak. Berries juga mengandung banyak antosianin, sebuah fitokimia yang bertugas untuk mencegah penurunan memori, terutama yang berhubungan dengan Alzheimer. Beberapa buah yang baik untuk otak adalah raspberry, apel dan blueberry.
  • Sayuran berdaun hijau-Sayuran berdaun hijau dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang. Bayam, selada, brokoli, kembang kol dan kubis adalah beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan keseluruhan sistem tubuh.
Image : reps-id.com

Image : reps-id.com