Gaya Hidup Hemat

Semboyan hemat pangkal kaya sepertinya harus memang benar adanya, bukan hanya hemat dalam hal keuangan, namun dalam berbagai hal. Hemat bukan berarti anda harus pelit, karena seringkali teman atau orang terdekat mengartikan cara anda berhemat dengan pelit, yang konotasinya cenderung negatif. Nah setiap orang pasti punya acara dan apa saja yang butuh melakukan penghematan. Apa saja?

Ada beberapa tips sederhana, untuk anda melakukan penghematan biaya, dalam mengatasi berbagai kenaikan harga.

  • Ganti air minum bermerek dengan air minum isi ulang - Anda pastinya tidak akan terlepas dari kegiatan yang satu ini: minum. Anda bisa mengganti kebiasaan minum air bermerek dengan air isi ulang yang aman untuk dikonsumsi dengan menggunakan alat penyaringan air. Atau, untuk lebih menghemat lagi, apa salahnya bagi Anda untuk membiasakan memasak air sendiri? Apalagi saat ini ada alat penyaringan air yang harganya terjangkau dan sudah melalui standar lisensi.
  • Siasati anggaran belanja sehari-hari - Para ibu rumah tangga biasanya yang paling pelik untuk urusan yang satu ini. Padahal ada banyak cara untuk menyiasati penghematan anggaran belanja kebutuhan pangan sehari-hari. Ganti menu daging dengan harga yang lebih murah namun menawarkan manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi kebutuhan gizi Anda.

  • Kurangi kebiasaan jajan yang berlebihan - Jajan adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, apalagi ketika itu dilakukan di awal bulan. Namun kebiasaan jajan perlu kita kurangi, atau justru kalau bisa dihilangkan, untuk menekan biaya pengeluaran. Anda sebaiknya mengoptimalkan makanan sederhana yang sudah ada di dapur daripada membeli bakso atau mie ayam hanya demi memenuhi hasrat mengenyangkan perut.

  • Hemat penggunaan listrik - Hemat dalam pemakaian listrik rumah tangga juga berdampak pada rendahnya tagihan listrik bulanan. Biasakan untuk mematikan lampu, TV, Komputer setelah tidak dipakai. Ketika tiba saatnya bagi Anda beristirahat di malam hari, matikan semua benda yang sekiranya menguras daya listrik.

  • Gunakan air seperlunya - Bukan berarti Anda memiliki alasan untuk jarang mandi alih-alih menghemat air. Akan tetapi semua orang tentunya pernah mendengar petuah lama yang menyebutkan bahwa tidak baik berlama-lama di kamar mandi. Ada banyak interpretasi atas pesan lama itu, namun kali ini Anda ditegaskan untuk menghemat air. Caranya sederhana: gunakan air secukupnya dan matikan aliran air di kamar mandi sekiranya sudah tidak lagi digunakan.
  • Luangkan waktu bersama keluarga di rumah - Memasuki hari libur atau akhir pekan sebaiknya digunakan untuk menghabiskan waktu di rumah dengan dengan kegiatan-kegiatan yang positif, seperti berolahraga, nonton DVD, memasak dan makan bersama, atau sekadar berkumpul bersama keluarga agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghabiskan waktu liburan dengan bepergian ke luar rumah yang pastinya akan memakan biaya tambahan.
  • Gerakan Back to bike - Tren yang satu ini sudah banyak diterapkan banyak orang dan terbukti ampuh memberikan banyak manfaat. Selain menjaga kebugaran fisik Anda, menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi juga mengatasi penghematan dari banyak hal: ongkos, bahan bakar, dan polusi. Anda bisa beraktivitas seperti pergi ke tempat kerja, berbelanja, atau jalan-jalan dengan sarana yang sangat praktis ini dengan manfaat yang lebih bagi kesehatan Anda.