Keuangan Itu Mudah - Review Keuangan Anda

Keuangan itu mudah, yah jika anda mematuhi beberapa hal dan disiplin dalam setiap langkah yang berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran anda. Hal yang pertama anda lakukan adalah tes kesehatan keuangan anda, lihat bagaimana kondisi keuangan anda sekarang, dan juga buat daftar yang ingin anda dapatkan di masa depan.

Tatadana Consulting, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, ingin membantu anda untuk mengembalikan kondisi keuangan anda, dimana cash flow keuangan anda belum berjalan dengan baik.

Likuditas

keadaan tidak terduga, keluarga tidak tercover asuransi, kenaikan biaya sekolah, laptop untuk kerja mati, gadget untuk bekerja.

audio Block
Double-click here to upload or link to a .mp3. Learn more.

Jika kondisi likuiditas/ dana darurat anda kurang, otomatis anda akan menjual aset seperti mobil, namun jika aset anda mungkin sifatnya susah di jual, anda akan cenderung akan berhutang. Jadi dana darutar itu penting sekali, cara menghasilkannya adalah menyisihkan uang bulanan. Misalkan anda sudah, maka anda harus menyisihkan uang sebanyak 6 kali pengeluaran bulanan, jika sudah memiliki anak, maka anda harus menyisihkan uang 9 kali pengeluaran bulanan. Berbeda dengan anda yang mungkin berprofesi sebagai freelance, maka anda harus menyisihkan uang sebanyak 12 kali pengeluaran.


Hutang

Boleh berhutang, asal itu hutang yang baik. Misalnya berhutang untuk mengambil KPR, karena rumah lama sudah tidak lagi memungknkan dipakai, dan mampu untuk membayarnya.

Hutang maksimal yang boleh anda tanggung adalah 30% jika hutang diatas itu memungkinkan anda susah untuk bernafas lega, karena terus dikejar hutang, dan terkesan gaji numpang lewat.


Menabung & Investasi

Pastikan tabungan yang anda pilih tidak menyusahkan, misalkan biaya bulanan yang besar atau investasi yang susah cara pencaitannya.  

Narasumber : Aprida - Independent Financial Planner Tatadana Conslt