Belanja Hemat Waktu

Dlistener, berbelanja di dunia memang kini sangatlah mudah. Tidak perlu repot untuk berkunjung ke satu website tertentu, beberapa sudah muncul begitu saja saat kita membuka media sosial. Mau barang apa saja, dari mana saja, hanya tinggal beberapa kali klik, transfer, dalam hitungan hari, barang sudah sampai di depan mata. Niatnya sih mau menghemat waktu, tapi sayang yah, tidak semua onlineshop jujur dalam berdagang. Sudah mengirimkan uang, tetapi barang tidak kunjung datang, atau paket datang isinya tidak sesuai yang ada di gambar. Apa kiat agar terhindari dari penipuan? saat anda menemukan situs online shop baru.

  • Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja → Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.

  • Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda → Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.

  • Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik. → Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

  • Jangan mudah tergoda barang murah → Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer.

  • Cari tanda kalau situs web itu aman → Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada.

Dlistener, jika memang membutuhkan barang online untuk keperluan sehari-hari, anda harus memperhatikan beberapa hal ini.

  • Perhatikan detail info barang → Untuk barang fashion, tentu sangat penting. Ukuran celana S,M,L atau sepatu 39 terkadang mengecoh. Jika memungkinkan, tanyakan ukurannya dengan menggunakan satuan ukuran (cm, misalnya)

  • Berikan alamat pengiriman sejelas mungkin → Bayangkan kalau alamatyang anda kirimkan ternyata salah.

  • Barang yang dibeli bukan barang yang urgent → Biasankalau ingin mengorder barang kebutuhan rumah tangga bukan yang sudah habis atau harus digunakan dalam jangka waktu 1-2 hari ke depan. Hal ini sebenarnya antisipasi saja, karena kesalahan di ekspedisi pengiriman adalah hal yang lumrah saat kita belanja secara online.