Keuangan Itu Mudah - Financial Check Up

Siapa sih yang nggak tergiur dengan hutang?

Setiap orang jika ditawari barang yang diinginkan, dengan cicilan rendah pasti akan tergiur melakukannya. Tapi pernahkah satu pertanyaan ini tersirat dalam benak anda?

Boleh nggak sih kita berhutang?

Menurut Tejasari, independent financial planner dari Tatadana, boleh saja berhutang asalkan kita memiliki kemampuan mencicilnya. Berhutanglah jika barang itu memiliki nila tambah setiap bulannya, seperti contohnya rumah.

Perkembangan gedget saat ini, membuat orang ingin berganti setiap model terbaru muncul, terkadang hal ini membelenggu keinginan untuk mengambil cicilan, apalagi sekarang sudah ada fasilitas cicilan nol persen, dengan periode cicilan yang pendek.

Rasio berhutang, jika dihitung jumlah hutang adalah 3,3% dari pendapatan anda. Sedangkan untuk menabung rasionya adalah 10 % dari pendapatan.  Kita tidak akan tau bagaimana kehidupan kedepannya, nah ada baiknya untuk melakukan investasi, karena tabungan saja belum tentu dapat mencover kehidupan di masa yang mendatang. Pilihlah produk investasi yang sesuai dengan pendapatan, dan juga yang aman.