CUPLIKAN BERITA HARIAN TERBIT, SENIN (6/5)

HALAMAN 1 / HEADLINE
Barca Dekati Juara La Liga
BARCELONA — Barcelona membuktikan masih menjadi tim tangguh pada Kompetisi La Liga musim ini. Itu dibuktikan dengan angka penuh yang diraih Barcelona atas Real Betis dalam lanjutan Kompetisi Liga Spanyol itu di Nou Camp, Minggu (5/5) malam atau Senin dinihari WIB. Dalam duel itu, Barcelona menang 4-2 dan hasil ini membawa Barca mendekati gelar juara La Liga musim ini. Barca bereda di puncak klasemen sementara dengan nilai 88 dari 34 pertandingan, unggul 11 angka dari Real Madrid yang menjadi pesaing utama klub kebanggaan masyarakat Catalan itu.

Main Copot Lurah, Gugat Saja Jokowi!
JAKARTA — Pakar tata negara Universitas Gadjah Mada, Fadjrul Falaakh, mengemukakan Gubernur Jokowi memaksakan diri mencopot jabatan lurah atau camat di tengah masa jabatan, maka lurah dan camat bisa menggugat gubernur di PTUN. Dia mengingatkan lurah dan camat ditetapkan dengan SK yang menyebut aspek pangkat dan lama jabatan. Karena itu, gubernur tak bisa memaksakan dengan ukuran-ukuran baru. Ia menilai, hasil lelang hanya bisa untuk menggeser atau mempromosikan seorang lurah atau camat. Dengan catatan, yang bersangkutan telah selesai masa jabatannya.

3 TKI Dibunuh dan Diperkosa
JAKARTA — Sedih memang kalau memikirkan nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Apalagi, negara seolah tutup mata dengan penderitaan mereka. Migrant Care berharap kasus pembunuhan terhadap tiga TKI dan pemerkosaan pada Kamis (2/5) lalu membuat pemerintah Indonesia membuka mata dan berempati terhadap penderitaan TKI. Migrant Care mendesak pemerintah mengungkap kasus ini agar peristiwa-peristiwa serupa tak terjadi lagi. “Pemerintah jangan diam melihat penderitaan TKI di luar negeri,” tegas Ketua Migrant Care Anis Hidayah pada Harian Terbit Senin (6/5).

Diperiksa Terus, Kapan Anas Ditangkap
JAKARTA — Mantan Ketua Umum Partai Demokrat kembali diperiksa Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) hari ini, Senin (6/5). Tersangka korupsi kasus proyek Hambalang, Bogor itu, tak juga ditahan KPK, padahal status tersanhkanya sudah lama disandang. ‘Heran dan aneh. Sudah lama jadi tersangka tak juga ditahan. Padahal, tersangka lain langsung ditahan oleh KPK. Ini ada apa?” tanya Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Adhie M Massardhie menjawab Harian Terbit Senin pagi (6/5) lewat telepon selularnya.

HALAMAN 2 / SERBA-SERBI & NASIONAL
Temuan Lembaga Pemilih Indonesia, Demokrat Paling Banyak Caleg Bermasalah
JAKARTA — Dari 12 partai politik yang bakal bertempur pada Pemilu 2014, Partai Demokrat dianggap sebagai penyumbang paling banyak caleg bermasalah. Demikian hasil survei terkini dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang dilansir Minggu, di Jakarta. “Partai Demokrat memiliki caleg bermasalah sebanyak 14,7 persen. Ini adalah yang terbanyak dari 12 parpol peserta Pemilu 2014,” tegas Direktur LPI, Boni Hargens dalam diskusi, ‘Potret Mutu Caleg Parpol Peserta Pemilu 2014.’

HALAMAN 5 / SYIAR & MEGAPOLITAN
Islamfobia Makin Marak dan Mewabah di Amerika
JAKARTA — Seorang Veteran US Army dari perang Irak, yang saat ini bekerja sebagai sopir taksi telah diserang oleh seorang penumpangnya sehingga ia mengalami retak rahang. Ia dituduh oleh penumpangnya sebagai teroris hanya karena ia seorang muslim. ”Apa penyerang tidak mengetahui, individu yang diserang itu sudah melayani dan berkorban untuk bangsa dan sangat tidak layak menerima penghinaan dan pelecehan,” ujarnya.

HALAMAN 6 / WARTATOP
Bapak Ajak 2 Anak Bunuh Diri
SAWAHLUNTO — Seorang bapak di Sawahlunto, Sumatera Barat, mengajak mati kedua anaknya dengan memberinya racun. Perbuatan nekad itu dilakukan setelah pasangan muda yang dikaruniai dua momongan tersebut bercerai. Ketiga jasad bapak dan anak itu ditemukan tergolek di bak pemandian. “Saya kaget langsung teriak,” ungkap Andi yang menemukan ketiga korban. Di pinggir kolam ia juga menemukan muntahan korban dan sebuah kantong plastik dengan aroma yang kuat, diduga bekas berisi racun serangga.

HALAMAN 7 / OTOMOTIF
Harga New Daihatsu Xenia Naik Rp4 Juta
DIREKTUR Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan pekan depan tepatnya 15 Mei 2013 pihaknya segera melepas New Daihatsu Xenia yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan. Penambahan fitur-fitur ini kata Amelia Tjandra agar pengguna Xenia merasa lebih aman dan nyaman mengingat tingginya kasus kecelakaan belakangan ini.

HALAMAN 8 / EDITORIAL – POSDAYA & PENDIDIKAN
Sulteng Mengetuk Palu
PADA Peringatan Hari Ulang Tahun provinsi yang ke 49, hari Sabtu 13 April 2013, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki L. Djanggola, MSi. di kota Palu mengetuk Palu menandatangani suatu MOU dengan Yayasan Damandiri untuk bersama semua jajaran pemerintah provinsi, Bupati, Camat, Lurah/Kepala Desa dan jajarannya di seluruh wilayah provinsi Sulteng, berbagai Perguruan Tinggi, lembaga swadaya masyarakat serta para tokoh masyarakat membangun dan mengisi forum silaturahmi keluarga Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di semua desa dan pedukuhan guna meningkatkan dinamika dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, utamanya pengentasan kemiskinan di seluruh daerah. Andaikan kerja keras itu menghasilkan pencapaian target yang disepakati, kita perlu kerja yang lebih keras lagi menempatkan Indonesia pada posisi strategis sebagai negara besar yang merdeka selama seratus tahun. Keadaan kesehatan bangsa masih belum ideal, tingkat kematian Ibu dan Anak masih sekitar 15 kali lebih buruk dibandingkan dengan keadaan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

HALAMAN 9 / HUKUM & KORUPSI
Kejakgung Akan Eksekusi Bupati Kep Aru, Theddy
JAKARTA — Setelah mengeksekusi Komisaris Jenderal (Purnawirawan) Susno Duadji ke LP Cibinong, Kejaksaan Agung berjanji akan mengeksekusi Bupati Kepulauan Aru, Maluku, Kolonel (Purn) Theddy Tengko, terpidana 4 tahun penjara kasus korupsi anggaran daerah senilai Rp42,5 miliar. “Secepatnya akan diadakan pembahasan tehnis untuk eksekusi terpidana eks Bupati itu,” ujar Wakil Jaksa Agung Darmono kepada wartawan.

HALAMAN 10 / EKONOMI
Jamsostek-Perumnas Alokasikan Rp100 Miliar untuk Rumah Pekerja
JAKARTA — PT Jamsostek mengalokasikan Rp100 miliar untuk membangun rumah bagi pekerja di sejumlah daerah melalui kerjasama dengan Perum Perumnas. Diyakini, Perum Perumnas akan setuju dengan rencana tersebut. Direktur Investasi Jamsostek Jeffry Haryadi mengemukakan hal itu, usai pembukaan Jamsostek Goes to Society di Semarang kerjasama dengan Perumnas itu untuk memenuhi kebutuhan pekerja akan rumah yang layak bagi keluarganya. Perumahan yang akan dibangun berupa rumah susun dan rumah biasa (landed house), kutip Antara, Minggu (5/5).

HALAMAN 11 / INTERNASIONAL
Boneka Berjilbab Teroris di Amerika
WASHINGTON — Masyarakat muslim Amerika marah atas beredarnya boneka perempuan berjilbab yang disertai kartu ucapan yang menyamakan orang muslim dengan teroris. Boneka yang dijual untuk anak-anak itu menandakan meningkatnya Islamfobia di Amerika. Boneka ini berupa anak perempuan berjilbab pink dengan wajah tersenyum dan baju kembang-kembang. Boneka itu dijual di sebuah toko di Chicago. Sebuah tulisan dalam kartu ucapan selamat ulang tahun menyebutkan tentang teroris, “Hope your birthday is a BLOW OUT”. Kartu ucapan ini ditujukan untuk sebuah boneka hasil karya perusahaan Desi Doll Company yang disebut “Aamina, the Muslim Doll”.

HALAMAN 12 / SPORT
Proliga 2013; Percaya Diri Kunci Sukses Bank Sumsel
JAKARTA — Pelatih tim bola voli putra Palembang Bank Sumsel Babel, Mashudi mengakui bahwa percaya diri pemain adalah kunci kemenangan timnya atas Jakarta BNI 46 dalam final BSI Proliga 2013 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (5/5). Pada pertandingan grand final yang disaksikan ribuan penonton ini, Palembang Bank Sumsel Babel mampu mengandaskan sang juara bertahan Proliga dengan skor 3-1 (25-18, 25-19, 19-25, 25-21).

(Bisa Dilihat di Web HARIANTERBIT.COM)