CUPLIKAN BERITA HARIAN TERBIT, SELASA (7/5)

HALAMAN 1 / HEADLINE
Disawer Duit Korupsi
Wanita dijajah pria sejak dulu dijadikan perhiasan sangkar madu. Syair lagu itu mungkin hanya cocok pada pada masanya, tetapi sekarang wanita justru banyak yang masuk pusaran kasus korupsi. Tengok misalnya, kasus yang sedang hangat dalam suap daging impor yang melibatkan Ahamad Fathanah dan beberpa teman wanitanya. Tidak hanya Rani Suciono, mahasiswi perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan yang tertngkap tangan bersama Fathanah di sebuah hotel, belakangan foto model seksi bernama Vitalia Sesha juga ikut disebut-sebutkan dalam kasus korupsi tersebut.

Sunderland Ditahan
LONDON — Tuan rumah Sunderland gagal memetik kemenangan di depan para pendukungnya. Bermain di Stadium of Light, Senin (6/5) malam atau Selasa dini hari WIB, Sunderland sempat ketinggalan lebih dahulu. Duel ini berlangsung keras. Akibatnya, wasit mengeluarkan empat kartu kuning dan satu kartu merah. Stoke sudah mencuri gol terhitung sejak sembilan menit setelah wasit meniup tanda dimulainya pertandingan. Berawal dari corner kick, usaha pertama Jonathan Walters masih bisa dibendung pertahanan Sunderland. Namun ia bereaksi cepat untuk menyambar bola muntah dan gol pun tercipta.

7 Tersangka Perbudakan Ditangkap
TANGERANG — Polda Metro Jaya menetapkan tujuh tersangka dalam kasus kerja paksa atau perbudakan 34 orang buruh pabrik pengolahan aluminium di Tangerang, Banten. Mereka antara lain bos pabrik, Yuki Irawan dan enam mandor. Sedangkan 2 mandor lainnya masih buron. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabis Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto kepada Harian Terbit, Selasa (7/5) pagi tadi. Para tersangka hingga pagi tadi masih menjalani pemeriksaan di Polres Kabupaten Tangerang. Yuki dikenal berperangai buruk. Baik kepada karyawan, anak dan istri Yuki sendiri, serta tetangga.

HALAMAN 2 / SERBA-SERBI & NASIONAL
Artis Bukan Jaminan Dongkrak Suara Parpol
JAKARTA — Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari menilai, banyaknya parpol menjadikan artis sebagai Calon Legislatif (Caleg) dalam pemilu mendatang, menunjukkan bahwa parpol itu hanya berhalusinasi seorang artis akan mampu menjadi pendulang suara. Padahal, popularitas artis itu tidak menjamin meningkatnya perolehan suara, atau tak menjamin menjadi vote getter, meski sudah pupuler. Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, tak ada jaminan artis menjadi pendulang suara.

HALAMAN 3 / MEGAPOLITAN
Libatkan Ratusan Satpol PP, TNI, dan Polisi, Dinas P2B DKI Bongkar Paksa Gudang di Jakut
JAKARTA — Sebuah bangunan seluas 3.000 meter persegi yang dijadikan gudang PT Anugerah Jaya di Kompleks Pergudangan Kamal Indah, Jl Kamal Raya Indah IV No 31 B, RT 01/01, Kamal, Kalideres, Jakbar, dibongkar paksa petugas Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta, Senin (6/5). Bangunan itu dibongkar karena tidak sesuai dengan peruntukkannya. Dalam izin yang diajukan, pemilik bangunan menyertakan izin rumah tinggal. Namun demikian, pada kenyataannya bangunan yang didirikan itu dijadikan gudang.

HALAMAN 4 / HUKUM & KORUPSI
KPK Perpanjang Penahanan 5 Tersangka Suap Makam
JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan 5 tersangka kasus suap perizinan lokasi Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Antajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Perpanjangan penahanan selama 30 hari ke depan. Empat tersangka kasus itu dipanggil KPK yaitu Usep Jumenio, Liston Welly Sabo, Iyus Djuher dan Sentot Sahid untuk menjalani perpanjangan masa penahanan. “Tersangka ID, LWS, SS dan UJ diperpanjang masa penahananya selama 40 hari ke depan,” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo, Senin (6/5).

HALAMAN 5 / SYIAR
MTQ Dapat Perkuat Persaudaraan di Maluku
TUAL — Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXV tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual menjadi momentum penting untuk memperkuat perdamaian dan persaudaraan sejati antarumat beragama di daerah ini. “Semua umat beragama harus memiliki kesadaran bersama untuk membangun dan memperkuat perdamaian serta persaudaraan sejati karena disitulah terletak jati diri orang Maluku yang sebenarnya,” kata Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu saat membuka MTQ XXV Provinsi Maluku, di Tual, kemarin.

HALAMAN 6 / WARTATOP
Petugas Gabungan Siaga di Bandung dan Tasik
BANDUNG — Wilayah Tasikmalaya dan Soreang Bandung hingga Selasa (7/5) pagi tadi masih dijaga aparat gabungan menghindari bentrok susulan yang melibatkan kelompok pemuda Pancasila de ngan kelompok pemuda Buah Batu Corp (BBC). Belum diketahui pemicu bentrok antar kedua ormas tersebut, namun sejumlah warga mengungkapkan, keributan di Tasikmalaya berawal terjadinya penganiayaan terhadap seorang anggota PP, belum ditindak polisi.

HALAMAN 7 / OTOMOTIF
Nissan Evalia Mampu Memenuhi Kebutuhan Keluarga
MENJELANG bulan puasa dan menyambut lebaran biasanya kebutuhan mobil keluarga meningkat. Ini bisa dimengerti mengingat hari-hari demikian banyak masyarakat yang perlu untuk pulang ke kampung halamannya membawa sanak keluarga. Jika itu yang jadi persoalan, pilihan sangat mungkin jatuh ke Nissan Evalia. Mobil MPV ini memiliki ruang kabin dan bagasi yang ekstra lega hingga cocok digunakan untuk seluruh anggota keluarga yang memang aktivitasnya juga besar. Tentu selain kebutuhan untuk pulang kampong, mobil ini cocok untuk mengantar jemput buah hati ke sekolah, menemani ayah ke kantor hingga pergi ramai-ramai saat liburan.

HALAMAN 8 / TRANSPORTASI & PEMILUKADA
2015, Monorel Rute Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi
MADIUN — Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan monorel rute Bandara Soekarno-Hatta mulai ber operasi pada tahun 2015. “APM akan selesai pada 2015,” kata Bambang usai acara penandatanganan kesepakatan awal untuk konsorsium monorel BUMN, di Madiun, Jawa Timur, Senin (6/5).

HALAMAN 9 / PENDIDIKAN & IPTEKES
Nuh Janji Copot Pejabat Terlibat UN
JAKARTA — Sedikitnya sudah hampir dua minggu investigasi kasus tender dan pelaksanaan ujian nasional (UN) SLTA dilakukan. Ironisnya, hingga saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum juga mengumumkan hasilnya oknum internal dan eksternal di lembaga eksekutif pendidikan itu kepada publik. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh saat ditemui disela-sela sidak UN SD di sejumlah SD di daerah Kebayoran Lama dan Kemanggisan, Senin (6/5) mengatakan dirinya belum dapat memaparkan hasil investigasi kasus tender dan pelaksanaan ujian nasional (UN) karena perlu mengkaji hasil investigasi tersebut, sebelum mengumumkannya.

HALAMAN 10 / EKONOMI
Bangkitkan Ekonomi Nasional, Maksimalkan Penggunaan Produk Usaha Kecil
JAKARTA — Ekonomi masyarakat perlu ditingkatkan dan salah satunya melalui penggunaan produk-produk dalam negeri. Namun, menurut Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan, tidak cukup sekadar mencintai produk dalam negeri yang mayoritas hasil UKM. “Harus secara nyata dan loyal membeli produk UKM,” jelas Menteri, kemarin. Ia mengakui berbagai upaya pun terus dilakukan pemerintah, untuk mendukung aktivitas para pelaku koperasi usaha kecil dan menengah (KUKM). Jika aktivitas pelaku KUKM meningkat, maka peluang kerja pun semakin bertambah, kata dia.

HALAMAN 11 / INTERNASIONAL
Pemakaman Tolak Kubur Pelaku Bom
BOSTON — Tiga pekan setelah kematian, pemakaman seorang tersangka peledakkan bom di Boston, Amerika masih menjadi kendala setelah tak satu pun tempat pemakaman di negara bagian Massachusetts mau menerima jasadnya. Tamerlan Tsarnaev (26) tewas dalam baku tembak dengan polisi setelah ia meledakkan dua bom di Boston yang menewaskan tiga orang dan mencederai puluhan lain.

HALAMAN 12 / SPORT
Hadapi LPI, ‘Singo Edan’ Tambah Amunisi
MALANG — Untuk menghadapi lanjutan Liga Primer Indonesia (LPI) membuka lowongan buat pemain lokal guna menambah kekuatan tim berjuluk Singo Edan itu dalam melanjutkan kompetisi 2013. Manajer Arema LPI Haris Fambudy mengatakan, selama jeda kompetisi hampir 1,5 bulan ini, pihaknya berupaya menambah pemain baru, diupayakan dari penduduk Indonesia. Itu dilakukan, setelah tiga pemain asing didepak dari tim tersebut, yakni Emile Betrand Mbamba, Bruno Casmir dan Darius Ayubi.

(Bisa Dilihat di Web HARIANTERBIT.COM)